PELAPORAN DAN PENILAIAN HASIL BELAJAR
AL – QUR’AN
SD ISLAM SA’ADATUDDARAIN WAKAN
A.
Latar Belakang
Banyak
diantara kita yang mendapat pengalaman berharga
ketika belajar al-Qur’an sejak dini dalam halaqah, di sekolah ataupun di
pusat-pusat belajar al-Qur’an lainnya. Dari pengalaman tersebut kita dapat
merasakan bahwa dengan belajar al-Qur’an secara berkelanjutan senantiasa akan terus
memberikan kesejukan dan kedamaian dalam kehidupan kita dan insya Allah pengalaman
itu akan menjadi sesuatu yang tak terlupakan sepanjang kehidupan kita sebagai manusia.
Kita yakin setiap kegiatan yang diawali dengan membaca al-Qur’an senantiasa akan
memberikan semangat dan motivasi baru bagi kita dalam menjalani seluruh proses
kegiatan tersebut.
Terlebih
ketika pelaksana dan penanggungjawab mampu memberikan sentuhan-sentuhan kecil
dalam memotivasi dan mendorong kegiatan ke arah yang lebih positif. Hal itulah
yang dapat meningkatkan dan mematri pengalaman siswa, sekaligus mendorong
kebermaknaan proses kegiatan sebagai bentuk pembelajaran yang bermakna dan
berdampak (Ausebel).
Diantara
sentuhan-sentuhan kecil yang diharapkan yaitu berupa kegiatan riel berupa
program menghafal, penyetoran hafalan, evaluasi dan pemberian penghargaan atas
kegiatan yang telah dilakukan.
Oleh
karena itu, melalui proposal ini disampaikan berbagai kegiatan dalam
memanfaatkan jeda belajar formal selesai midle semester awal TP. 2013 – 2014
ini.
B.
Nama
Kegiatan
Kegiatan
ini bernama Kegiatan Pelaporan dan
Penilaian Hasil Belajar Al–Qur’an SD Islam Sa’adatuddarain Wakan
C.
Bentuk
Kegiatan
Kegiatan ini
berbentuk evaluasi hafalan al-Qur’an dengan peserta yang direkomendasikan oleh
masing-masing pembimbing dan diuji oleh tim penguji di luar pembimbing.
D.
Tujuan
a.
Pentingnya Penilaian Qur’an dan Hadits
Menjawab
kenyataan seperti ini SD ISLAM SA’ADATUDDARAIN, melalui kegiatan penilaian
hafalan al-Qur’an dan Hadits bertujuan untuk :
1.
Meningkatkan kemampuan siswa, guru dan tenaga
kependidikan di Lingkungan SDI YASRIN dalam berimprovisasi pada proses pemahaman
Alqur’an dan Hadits
2.
Meningkatkan kemampuan mengembangkan sikap
profesionalisme guru dan tenaga kependidikan lainnya memenuhi kebutuhan menuju
peningkatan kualitas pembelajaran
3.
Menjadi sebuah kegiatan awal dalam pemanfaatan setiap
waktu dan kesempatan secara positif dan menyenangkan dalam menyusun lesson
learning, action learning maupun assessment yang valid pada hafalan
dan pemahaman Al-qur’an dan Hadits di Lingkungan Keluarga besar SD Islam
Sa’adatuddarain.
E.
Perencanaan
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan perancangan dimulai pertemuan
dewan guru SDI YASRIN pada 18 September
2013 untuk disampaikan gambaran umum kegiatan yang dilaksanakan pada proses
penilaian.
Penilaian
akan dilaksanakan sejak masa ujian Midle semester pertama TP 2013-2014 selesai.
Diperkirakan mulai sejak 16 Oktober 2013 dan berakhir paling lambat 20 Oktober
2013 dengan rangkaian kegiatan pembukaan dari salah satu pengurus Yayasan sebagai
bentuk dukungan pada kegiatan dan mutu peserta didik siswa-siswi SD Islam
Sa’adatuddarain.
F.
Peserta
Peserta
adalah siswa-siswi SD Islam Sa’adatuddarain yang sudah mendapatkan bimbingan
dari tim pembimbing al-Qur’an yang sudah ditunjuk oleh pihak sekolah.
Jumlah
peserta ditentukan berdasarkan masukan dari 3 orang Pembina inti di SD Islam
Sa’adatuddarain yaitu Ust. Muliadi, Ust. Rohimin, dan Usth. Sumiati. Ketiga Pembina
inti ini merupakan pembimbing yang paling kompeten dalam memutuskan jumlah dan
tingkat kewajaran yang berhak untuk diajukan sebagai peserta yang akan dinilai
pada kesempatan ini.
No
|
NAMA
|
Batas Hafalan Qur’an/Hadits yang akan dinilai
|
1
|
…
|
………………
|
G.
Dewan
Penilai
Dewan penilai direncanakan dari Pembina
Qur’an yang ada di Asrama putra maupun putri Yayasan Pondok pesantren
Sa’adatuddarain. Penentuan dewan dari luar Pembina harian Sekolah Dasar Islam
Sa’adatuddarain ini selain bertujuan memberikan motivasi pada diri siswa juga
untuk menjaga objektivitas penilaian. Hasil penilaian ini sekaligus dijadikan
sebagai salah satu item pemberian nilai pada masa yang akan datang (penentuan
kenaikan kelas).
Sejak
awal, setiap pembina bertanggung jawab pada semua anak didiknya dan
menginformasikan kegiatan ini sejak wacana ini dimunculkan dengan harapan
peserta didik mengulang kembali hafalan Juz ‘Amma dan hafalan juz lain yang
telah dikuasai.
H.
Ruang
Lingkup
Sasaran
program kegiatan ini meliputi :
1.
Semua dewan guru
2.
Pembina atau pembimbing al-Qur’an
3.
Siswa-siswi SD Islam Sa’adatuddarain dari kelas I sampai
kelas VI TP 2013–2014 ini.
I.
Hasil
Penilaian dan Laporan
Hasil penilaian akan digunakan sebagai
salah satu acuan dalam introspeksi diri semua organ pelaksana pendidikan di
lingkungan SD Islam Sa’adatuddarain, sekaligus sebagai salah satu pertimbangan
dalam menyusun program pada masa yang akan datang. Selain menjadi acuan dalam menentukan
kreteria kelulusan siswa-siswi dalam menyelesaikan pendidikan di SD Islam
Sa’adatuddarain sekaligus sebagai pola dan basis keunggulan dan kekhasan sekolah
(SD Islam Sa’adatuddarain).
J.
Format penilaian
Format penilaian berupa kartu nilai.
Kartu nilai ini sekaligus memberikan deskripsi peserta didik dan rekomendasi
tindakan pembinaan lanjutan bagi dewan guru di SD Islam Sa’adatuddarain.
|
Nama peserta :
Kelas :
Nilai peraspek
Deskripsi peserta dan Rekomendasi
penilai pada peserta : __________________ _________________________
_________________ ____________________ ___________________ _____________
_________________________
|
||||||||||||||||||||||||
Akhir kegiatan ini Insya Allah akan
kami laporkan secara tertulis maupun lisan kepada:
1.
Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Sa’adatudarain
2.
Orang tua/Wali murid SD Islam Sa’adatuddarain.
K.
Sumber
dana
Kegiatan ini direncanakan akan menghabiskan biaya
sebesar Rp. 2. 825.000 (lihat point J/estimasi dana). Sumber biaya yang akan
dikeluarkan berasal dari kas SD Islam sebesar 25 % dan Yayasan Pondok Pesantren
Sa’adatuddarain sebesar 75 % dari keseluruhan biaya yang dibutuhkan.
L.
Estimasi Biaya
NO.
|
KEGIATAN
|
Volume
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
A.
|
Konsumsi/Akomodasi
|
|||
Dewan Penilai
|
||||
Makan 3 orang x 5 hari
|
15
|
10.000
|
150.000
|
|
Snack 3 orang
x 5 hari
|
15
|
5.000
|
75.000
|
|
Dewan Pembina
|
-
|
|||
Makan 15 orang
x 5 hari
|
75
|
10.000
|
750.000
|
|
Snack 15 orang
x 5 hari
|
75
|
5.000
|
375.000
|
|
B.
|
Pengadaan
hadiah
|
-
|
||
Peserta
terbaik 1 pa/pi
|
2
|
50.000
|
100.000
|
|
Peserta
terbaik 2 pa/pi
|
2
|
30.000
|
60.000
|
|
Peserta
terbaik 3 pa/pi
|
2
|
20.000
|
40.000
|
|
C.
|
Perlengkapan
pendukung
|
-
|
||
Sewa terop
selama kegiatan
|
5
|
50.000
|
250.000
|
|
Sewa pengeras
suara
|
5
|
50.000
|
250.000
|
|
Pengadaan
panggung acara
|
1
|
250.000
|
250.000
|
|
D.
|
Transport dan
honor
|
-
|
||
Honororium
dewan penilai
|
15
|
35.000
|
525.000
|
|
JUMLAH
KEBUTUHAN
|
2.825.000
|
M.
Penutup
Demikian proposal ini kami buat dan
sampaikan untuk dapat dipertimbangkan pelaksanaannya. Kami sangat mengharap dukungan
semua pihak demi kelancaran kegiatan ini. Kritik, pemikiran, ide dan saran yang
positif untuk perbaikan sangat kami harapkan. Wassalam.
Wakan,
25 September 2013
Kepala
SD Islam Sa’adatuddarain
MUHAMMAD
TAUHID, S.Pd. SD
NIP.
197112311998031033

Tidak ada komentar:
Posting Komentar