Kamis, 10 Oktober 2013

PROPOSAL KEGIATAN
PELAPORAN DAN PENILAIAN HASIL BELAJAR AL – QUR’AN
SD ISLAM SA’ADATUDDARAIN WAKAN
                                                                                       
A.      Latar Belakang
Banyak diantara kita yang mendapat pengalaman berharga  ketika belajar al-Qur’an sejak dini dalam halaqah, di sekolah ataupun di pusat-pusat belajar al-Qur’an lainnya. Dari pengalaman tersebut kita dapat merasakan bahwa dengan belajar al-Qur’an secara berkelanjutan senantiasa akan terus memberikan kesejukan dan kedamaian dalam kehidupan kita dan insya Allah pengalaman itu akan menjadi sesuatu yang tak terlupakan sepanjang kehidupan kita sebagai manusia. Kita yakin setiap kegiatan yang diawali dengan membaca al-Qur’an senantiasa akan memberikan semangat dan motivasi baru bagi kita dalam menjalani seluruh proses kegiatan tersebut.
Terlebih ketika pelaksana dan penanggungjawab mampu memberikan sentuhan-sentuhan kecil dalam memotivasi dan mendorong kegiatan ke arah yang lebih positif. Hal itulah yang dapat meningkatkan dan mematri pengalaman siswa, sekaligus mendorong kebermaknaan proses kegiatan sebagai bentuk pembelajaran yang bermakna dan berdampak (Ausebel).
Diantara sentuhan-sentuhan kecil yang diharapkan yaitu berupa kegiatan riel berupa program menghafal, penyetoran hafalan, evaluasi dan pemberian penghargaan atas kegiatan yang telah dilakukan.
Oleh karena itu, melalui proposal ini disampaikan berbagai kegiatan dalam memanfaatkan jeda belajar formal selesai midle semester awal TP. 2013 – 2014 ini.
B.     Nama Kegiatan
Kegiatan ini bernama Kegiatan Pelaporan dan Penilaian Hasil Belajar Al–Qur’an SD Islam Sa’adatuddarain Wakan
C.      Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk evaluasi hafalan al-Qur’an dengan peserta yang direkomendasikan oleh masing-masing pembimbing dan diuji oleh tim penguji di luar pembimbing.



D.     Tujuan
a.       Pentingnya Penilaian Qur’an dan Hadits
Menjawab kenyataan seperti ini SD ISLAM SA’ADATUDDARAIN, melalui kegiatan penilaian hafalan al-Qur’an dan Hadits bertujuan untuk :
1.      Meningkatkan kemampuan siswa, guru dan tenaga kependidikan di Lingkungan SDI YASRIN  dalam berimprovisasi pada proses pemahaman Alqur’an dan Hadits
2.      Meningkatkan kemampuan mengembangkan sikap profesionalisme guru dan tenaga kependidikan lainnya memenuhi kebutuhan menuju peningkatan kualitas pembelajaran
3.      Menjadi sebuah kegiatan awal dalam pemanfaatan setiap waktu dan kesempatan secara positif dan menyenangkan dalam menyusun lesson learning, action learning maupun assessment yang valid pada hafalan dan pemahaman Al-qur’an dan Hadits di Lingkungan Keluarga besar SD Islam Sa’adatuddarain.
E.      Perencanaan Waktu Pelaksanaan
Kegiatan perancangan dimulai pertemuan dewan guru  SDI YASRIN pada 18 September 2013 untuk disampaikan gambaran umum kegiatan yang dilaksanakan pada proses penilaian.
Penilaian akan dilaksanakan sejak masa ujian Midle semester pertama TP 2013-2014 selesai. Diperkirakan mulai sejak 16 Oktober 2013 dan berakhir paling lambat 20 Oktober 2013 dengan rangkaian kegiatan pembukaan dari salah satu pengurus Yayasan sebagai bentuk dukungan pada kegiatan dan mutu peserta didik siswa-siswi SD Islam Sa’adatuddarain.
F.      Peserta
Peserta adalah siswa-siswi SD Islam Sa’adatuddarain yang sudah mendapatkan bimbingan dari tim pembimbing al-Qur’an yang sudah ditunjuk oleh pihak sekolah.
Jumlah peserta ditentukan berdasarkan masukan dari 3 orang Pembina inti di SD Islam Sa’adatuddarain yaitu Ust. Muliadi, Ust. Rohimin, dan Usth. Sumiati. Ketiga Pembina inti ini merupakan pembimbing yang paling kompeten dalam memutuskan jumlah dan tingkat kewajaran yang berhak untuk diajukan sebagai peserta yang akan dinilai pada kesempatan ini.
Rekomendasi dari Pembina inti meliputi form berikut :
No
NAMA
Batas Hafalan Qur’an/Hadits yang akan dinilai
1
………………

G.     Dewan Penilai
Dewan penilai direncanakan dari Pembina Qur’an yang ada di Asrama putra maupun putri Yayasan Pondok pesantren Sa’adatuddarain. Penentuan dewan dari luar Pembina harian Sekolah Dasar Islam Sa’adatuddarain ini selain bertujuan memberikan motivasi pada diri siswa juga untuk menjaga objektivitas penilaian. Hasil penilaian ini sekaligus dijadikan sebagai salah satu item pemberian nilai pada masa yang akan datang (penentuan kenaikan kelas).
Sejak awal, setiap pembina bertanggung jawab pada semua anak didiknya dan menginformasikan kegiatan ini sejak wacana ini dimunculkan dengan harapan peserta didik mengulang kembali hafalan Juz ‘Amma dan hafalan juz lain yang telah dikuasai.
H.    Ruang Lingkup
Sasaran program kegiatan ini meliputi :
1.      Semua dewan guru
2.      Pembina atau pembimbing al-Qur’an
3.      Siswa-siswi SD Islam Sa’adatuddarain dari kelas I sampai kelas VI TP 2013–2014 ini.
I.       Hasil Penilaian dan Laporan
Hasil penilaian akan digunakan sebagai salah satu acuan dalam introspeksi diri semua organ pelaksana pendidikan di lingkungan SD Islam Sa’adatuddarain, sekaligus sebagai salah satu pertimbangan dalam menyusun program pada masa yang akan datang.  Selain menjadi acuan dalam menentukan kreteria kelulusan siswa-siswi dalam menyelesaikan pendidikan di SD Islam Sa’adatuddarain sekaligus sebagai pola dan basis keunggulan dan kekhasan sekolah (SD Islam Sa’adatuddarain).

J.        Format penilaian
Format penilaian berupa kartu nilai. Kartu nilai ini sekaligus memberikan deskripsi peserta didik dan rekomendasi tindakan pembinaan lanjutan bagi dewan guru di SD Islam Sa’adatuddarain.

Nama peserta   :
Kelas                     :
Nilai peraspek
ASPEK
Jumlah
Rata-rata
Ket
1
2
3
4
5











Deskripsi peserta dan Rekomendasi penilai pada peserta : __________________ _________________________ _________________ ____________________ ___________________ _____________ _________________________

Usulan format kartu nilai sebagai berikut :









Akhir kegiatan ini Insya Allah akan kami laporkan secara tertulis maupun lisan kepada:
1.      Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Sa’adatudarain
2.      Orang tua/Wali murid SD Islam Sa’adatuddarain.
K.     Sumber dana
Kegiatan ini direncanakan akan menghabiskan biaya sebesar Rp. 2. 825.000 (lihat point J/estimasi dana). Sumber biaya yang akan dikeluarkan berasal dari kas SD Islam sebesar 25 % dan Yayasan Pondok Pesantren Sa’adatuddarain sebesar 75 % dari keseluruhan biaya yang dibutuhkan.



L.      Estimasi Biaya
NO.
KEGIATAN
Volume
Harga Satuan
Jumlah
A.
Konsumsi/Akomodasi
Dewan Penilai
Makan 3  orang x 5 hari
15
     10.000
       150.000
Snack 3 orang x 5 hari
15
        5.000
          75.000
Dewan Pembina
                     -
Makan 15 orang x 5 hari
75
     10.000
       750.000
Snack 15 orang x 5 hari
75
        5.000
       375.000
B.
Pengadaan hadiah
                     -
Peserta terbaik 1 pa/pi
2
     50.000
       100.000
Peserta terbaik 2 pa/pi
2
     30.000
          60.000
Peserta terbaik 3 pa/pi
2
     20.000
          40.000
C.
Perlengkapan pendukung
                     -
Sewa terop selama kegiatan
5
     50.000
       250.000
Sewa pengeras suara
5
     50.000
       250.000
Pengadaan panggung acara
1
   250.000
       250.000
D.
Transport dan honor
                     -
Honororium dewan penilai
15
     35.000
       525.000
JUMLAH KEBUTUHAN
    2.825.000

M.   Penutup
Demikian proposal ini kami buat dan sampaikan untuk dapat dipertimbangkan pelaksanaannya. Kami sangat mengharap dukungan semua pihak demi kelancaran kegiatan ini. Kritik, pemikiran, ide dan saran yang positif untuk perbaikan sangat kami harapkan. Wassalam.
Wakan, 25 September 2013
Kepala SD Islam Sa’adatuddarain


MUHAMMAD TAUHID, S.Pd. SD
NIP. 197112311998031033

Tidak ada komentar:

Posting Komentar